Monday, September 5, 2011

Egrang

 Egrang adalah permainan tradisional Indonesia yang belum diketahui secara pasti dari mana asalnya, tetapi dapat dijumpai di berbagai daerah dengan nama berbeda-beda seperti : sebagian wilayah Sumatera Barat dengan nama Tengkak-tengkak dari kata Tengkak (pincang), Ingkau yang dalam bahasa Bengkulu berarti sepatu bambu dan di Jawa Tengah dengan nama Jangkungan yang berasal dari nama burung berkaki panjang. Egrang sendiri berasal dari bahasa Lampung yang berarti terompah pancung yang terbuat dari bambu bulat panjang. Dalam bahasa Banjar di Kalimantan Selatan disebut batungkau.
Egrang terbuat dari batang bambu dengan panjang kurang lebih 2,5 meter. Sekitar 50cm dari bawah, dibuat tempat berpijak kaki yang rata dengan lebar kurang lebih 20cm. Cara memainkannya adalah dengan berlomba berjalan menggunakan egrang tersebut dari satu sisi lapangan ke sisi lainnya. Orang yang paling cepat dan tidak terjatuh dialah pemenangnya.
sampai saat ini beruntung egrang belum terlupakan, egrang masih sering dimainkan dalm acara perlombaan seperti peringatan hari kemerdekaan, dan acara lain bahkan sering kali egran juga di peragakan dalan acara berkelas internasional dalam pembukaan sebuah perhelatan olah raga tau acara kenegaraan lainnya. 

0 comments:

Post a Comment

© Dolanan, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena